Sabtu, 06 September 2014

*Construct 2 Engine
Yasss!! tutorial pertama yang gue tulis sendiri, akhirnya selesai. Kali ini gue mau ngebahas "Introduction to Construct 2". Apa itu Construct 2? Construct 2 itu salah satu dari banyak tools untuk membuat game. "Wah, berarti gue bisa bikin game pake software ini dong?" Ya, tepat sekali!.

Construct 2 termasuk game engine yang penggunaannya mudah banget. Kalian gak harus jago programming, cukup paham tentang algoritma aja sih (langkah-langkah nyelesaikan sesuatu). Karna itu berperan vital dalam pembuatan game di Construct 2.

Jadi gue akan ngebahas dasar-dasar Construct 2. Jangan muluk-muluk dulu. Kan kita baru mulai :p
Bagi kalian yang belum punya software-nya. Bisa download disini. (gue pake yang versi R146). Kalo mau pake versi terbaru bisa download di www.scirra.com

Oke, langsung kita mulai.

*Tampilan awal Construct 2
*) Membuat Project Baru



Nah, kalian cukup klik ke icon disudut kiri atas. Lalu akan muncul beberapa menu lagi, tinggal pilih "New" aja. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini :


Diatas ada beberapa pilihan. Kita mulai dari "New empty project" dulu. Ok, kita sudah selesai membuat Project File yang baru.

Gini tampilan awal project kita.
*) Sekarang gue akan ngejelasin beberapa hal yang ada di tampilan project Construct 2 kita.

Ntar dijelasin satu-satu.
1. 
Itu adalah properties, dimana project properties kalian bisa diatur. Mulai dari nama project nya, versi keberapa, deskripsinya (deskripsi game kalian), dll (bisa dilihat di gambar).

Untuk Project Setting,
First Layout itu maksudnya adalah Layout yang pertama kali untuk game kita. Ntar kita bisa atur mau Layout yang mana yang akan muncul saat game kita di play. Layout itu sama hal-nya dengan menu di game, terus gameplay nya, dan gameover nya. Nah, tiap-tiap bagian itu namanya "Layout"di Construct 2.

Untuk Configuration Setting,
Sebernarnya bagian ini hanya digunakan untuk preview game kita aja sebelum di export utuh. Jadi, saat kalian lagi buat game-nya, misalnya mau nyoba nih hasilnya gimana. Kan gak harus di export utuh, Bisa pakai preview di Construct 2. Di Configuration Setting ini untuk mengatur bagaimana hasil di preview nya.

Karena Construct 2 adalah game engine 2d yang berbasis HTML5, maka preview nya juga harus di browser yang terintegrasi HTML5.

2 dan 3.
Nah, yang kedua ini adalah dimana kita meletakkan apa yang mau dibuat :D *gak ngerti ya?
Maksudnya itu, asset game berupa gambar 2d ntar kita tinggal drag aja ke sini.

Terus, bedanya nomor 2 dan 3 apa?
Bedanya itu, kalau yang nomor 3 itu tampilan "windows size" kita alias tampilan full di layar saat game dijalankan. Sementara di nomor 2, itu adalah bagian dimana yang gak bakal keliatan saat game nya dijalanin, atau bisa disebut juga Layout size nya. Sebenarnya kalo gue ya, layout size dan windows size disamain aja. Caranya, klik sembarang di bagian nomor 2 atau 3. Nanti di properties-nya, akan ada setting-an untuk Layout size. Ganti aja, samain angkanya dengan Windows Size kalian. Ntar jadinya cuman begini, lebih gampang kan?


4.
Di nomor 4 ini, adalah isi dari project kita. Dimana ada folder Layout (isinya layout-layout di game kita), Event Sheets (Event sheet itu semacam yang ngendalikan atau yang membuat game ini berjalan. Jadi, gimana game kalian tipenya akan bergantung dari Event sheet yang kalian buat). Ada folder sounds, musics, dll.

5.
Dan yang terakhir, adalah tampilan untuk object mana yang sedang aktif. Jika kalian sudah memasukkan asset ke layout, terus kalian nge-klik si object tersebut, ntar dia bakalan nongol di bagian ke 5 ini. Jadi ini tuh semacam pertanda untuk object mana yang sedang aktif/kita klik.

Sampai sini dulu tutorial dari gue. Maaf kalo bahasa gue masih kacau, ya karna ini pertama kali bikin tutorial. Semoga bermanfaat. Tunggu tutorial gue selanjutnya ya. Ntar gue akan ngebahas "Membuat Game Sederhana with Construct 2". So, stay tune! :D
Reaksi:

1 komentar:

  1. Makasih gan. Ini yang gw cari-cari. Ingin banget belajar Construct 2. Terus berkarya gan

    BalasHapus